RSS

Berorganisasi

Banyak orang bilang kuliah sambil berorganisasi  itu sulit. Padahal kuliah dan berorganisasi itu seperti air dan minyak, tidak bisa bersatu tapi bisa berdampingan.


Kata organisasi dan kuliah pasti sudah tak asing lagi bagi kalangan mahasiswa. Dari yang aktif berorganisasi sampai mahasiswa kupu-kupu pasti tahu akan hal itu. Dalam dunia mahasiswa seringkali berorganisasi dianggap tidak penting. Berorganisasi hanya membuat lelah dan menyita waktu kita. Memang tak dapat dipungkiri bahwa dengan berorganisasi akan mengambil berapa persen waktu kita. Waktu yang tadinya bisa kita gunakan untuk istirahat atau mengerjakan hal lain menjadi tak bisa karena harus terlibat dalam organisasi itu.
Sebagian besar mahasiswa hanya melihat berorganisasi hanya dari sisi negatif. Padahal, banyak sisi positif yang bisa didapat dari berorganisasi. Dengan berorganisasi akan menambah teman, baik pengurus didalam organisasi itu sendiri juga orang-orang dari luar organisasi yang kita ikuti. Sebuah organisasi pasti memiliki kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga akan menjalin interaksi dengan organisasi lain, sehingga tak menutup kemungkinan kita akan memperoleh teman dari kegiatan itu. Diadakannya berbagai kegiatan didalam organisasi tersebut pasti juga akan menambah pengalaman dan pengetahuan kita. Dengan berkecimpung didalam organisasi akan meminimkan seorang mahasiswa terjebak kedalam dunia negatif, karena ia akan disibukkan dengan berbagai kegiatan di organisasi itu. Seseorang yang memiliki pengalaman berorganisasi akan memiliki nilai plus tersendiri. Dalam dunia kerja, terkadang pengalaman berorganisasi akan dipertimbangkan oleh instansi/perusahaan. Selain keempat hal diatas, masih banyak hal-hal positif yang didapat dengan mengikuti organisasi. Dengan berbagai hal positif tersebut, bukankah berorganisasi juga tak kalah penting dengan kuliah?
Setelah mengetahui sisi positif dan negatif dari berorganisasi, masihkah kalian tak ingin bergabung dalam suatu organisasi? Jika kalian sudah berubah pikiran dan memutuskan untuk bergabung dalam suatu organisasi, satu hal yang harus kalian lakukan yaitu pilihlah organisasi yang benar-benar sesuai dengan bakat dan minat mu. Oleh karena itu kenali organisasi itu sebelum kamu memutuskan untuk bergabung menjadi bagian didalamnya.
Bagi kalian yang masih acuh terhadap organisasi dan menjadikan kuliah sebagai alasan tak ingin bergabung didalamnya. Coba renungkanlah kembali. Karena kalo bukan sekarang kapan lagi? Waktu muda tidak akan bisa diulang lagi, oleh sebab itu jangan sia-sia kan waktu mudamu sob.. J (DNC)

0 komentar:

Posting Komentar